Pondok Halimun | Sukabumi Travel | Paket wisata | Rafting Arung Jeram | Corporate | Sukabumi

Pondok Halimun

14 August 2011, Comments 1

Pondok Halimun atau lebih dikenal dengan sebutan PH, terletak di wilayah Sukabumi sebelah utara, berjarak sekitar 12KM dari pusat kota Sukabumi. Hawanya sejuk karena berada di ketinggian sekitar 1000 meter diatas permukaan laut.

Gerbang Pondok Halimun

Gerbang Pondok Halimun

CARA MENUJU KE PONDOK HALIMUN
Untuk menempuh kesana, kita bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Saya sarankan jangan menggunakan mobil jenis sedan, karena kondisi jalan di titik-titik tertentu kurang bagus.

Menggunakan mobil pribadi
Dari pusat kota anda harus melalui jalan Salabintana, perhatikan petunjuk jalan, setelah beberapa kilometer nanti ada pertigaan, lalu belok ke kiri arah Pondok Halimun. Setelah sampai di Pondok Halimun anda harus membayar di dua loket yang berbeda. Jangan takut tidak kebagian tempat parkir, karena area parkir cukup luas.

Menggunakan angkutan umum
Jika anda ingin hemat, anda bisa menggunakan angkutan umum yang telah disediakan, jika anda dari luar kota dan menggunakan bus umum, anda turun saja di terminal, lalu menggunakan angkutan kota warna putih (No 14), turun di jalan Siliwangi, kemudian naik angkot warna merah jurusan Salabintana (No 10), sebelumnya bilang dulu ke sopir, angkotnya masuk ke Pondok Halimun atau tidak. Cari angkot yang langsung ke Pondok Halimun, memang ongkosnya dua kali lipat, tapi ini untuk menghemat waktu.

Perkebunan teh Pondok Halimun

Perkebunan teh Pondok Halimun

APA YANG BISA DILAKUKAN DI PONDOK HALIMUN?
Tea walk
Kita bisa menikmati perkebunan teh yang luas dengan berjalan kaki, tempat yang pas untuk berfoto, refreshing sambil menikmati perkebunan teh,

Perkebunan teh Pondok Halimun

Perkebunan teh Pondok Halimun

Berkemah dan Menginap
Pemerintah Kabupaten Sukabumi menyediakan sarana berkemah bagi para wisatawan yang ingin menikmati sejuk dan bersihnya udara di kawasan Pondok halimun. Namun jika anda tidak kuat tidur di tenda, ada beberapa penginapan sederhana yang bisa digunakan untuk menginap.

Bersepeda
Hal yang menarik yang bisa dilakukan di Pondok Halimun adalah bersepeda, hampir setiap minggu baik klub sepeda ataupun perorangan yang mengayuh sepedanya kesini, dengan menggunakan sepeda kita bisa menjelajah perkebunan the Pondok Halimun yang luas, bayangkan kalau hanya berjalan kaki.

Bersepeda sepanjang Pondok Halimun

Bersepeda sepanjang Pondok Halimun

Dari perkebunan teh Pondok Halimun kita bisa tembus ke Goalpara atau ke Situgunung. Kalau anda hobi bersepeda sekaligus menikmati keindahan alam, Pondok Halimun menjadi lokasi yang tepat untuk anda.

Berfoto
Hamparan luas perkebunan teh Pondok Halimun kerapkali menjadi daya tarik para fotografer. Tempat ini tidak jarang digunakan untuk lokasi pemotretan model, preweding, dll. Jadi jangan lupa, kalau anda berkunjung ke Pondok Halimun, usahakan membawa kamera digital, agar momen indah anda bersama teman, kerabat, sahabat dan keluarga tidak terlupakan begitu saja.

Apa yang menarik di Pondok Halimun?
Selain menikmati hamparan perkebunan teh, kita bisa menikmati segarnya Curug Cibeureum di sebelah utara Pondok Halimun. Untuk mencapai kesana, kita harus berjalan kaki sekitar 2 kilometer, melewati hutan yang rimbun dan sungai-sungai yang jernih.

Curug Cibeureum, Pondok Halimun. Sukabumi.

Curug Cibeureum, Pondok Halimun

Jangan lupa membawa bekal makanan, karena di lokasi Curug Cibeureum jarang sekali pedagang makanan, kalaupun ada harganya bisa dua kali lipat dari harga normal. Jika anda kelelahan di tengah jalan, anda bisa istirahat sejenak dan menikmati perbekalan makanan sambil mencelupkan kaki anda ke sungai.

Selamat menjelajah Sukabumi :)

One response on “Pondok Halimun

  1. [...] Curug Cibeureum terletak tak jauh dari Pondok Halimun, menurut sejarah, Cibeureum itu berasal dari dua kata: Ci=Air Beureum=Merah, jadi Cibeureum itu [...]